Idealitas terhadap Miskonsepsi Tugas dan Fungsi Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

wifaqul azmi
Yayang Tri Andiana
Elsa Yulia Rosmayanti
Muhamad Lutfi Aris

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 (tiga) peserta didik SMP , 1 (satu) guru BK dan 1 (satu) guru mata pelajaran yang berlokasi di kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi literatur dan studi dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama penelitian dengan dibantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui tahap reduksi, display, kemudian verifikasi. Hasil penelitian menunjukan beberapa miskonsepsi dari masing-masing subjek penelitian terhadap tugas dan fungsi guru BK di sekolah, kemudian dijelaskan oleh beberapa teori idealnya tugas dan fungsi guru BK, sehingga kesimpulan dan solusi bisa didapatkan dari teknik analisis data yang sudah ditetapkan oleh peneliti.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##