Implementasi Metode Auzan dalam Membaca Kitab Taqrib di Pondok Pesantren Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstract
The book of Taqrib is the first book for mubtadiin in understanding the science of fiqh, because the book of taqrib includes all the discussions studied in the science of fiqh, namely 'ubudiyah, mu'amalah, munakahat and jinayat. The purpose of this study was to implement the Auzan method in reading the book of taqrib, using descriptive qualitative research methods with case studies, data collection using interviews, observation and documentation. The result is that the Auzan method has three levels in reading and understanding the yellow book in this study focused on the taqrib book, namely the qiro'ah, tarjamah and insya levels with the characteristics of the tartibul masail, tamyizul masail and li qodri hajat approaches. And a student is enough with only 1 year to be able to read the yellow book, and the second year is able to understand it.
Keywords: Auzan Method, Fiqh, Taqrib Book.
Abstrak
Kitab Taqrib merupakan kitab pertama bagi mubtadiin dalam memahami ilmu fiqih, karena kitab taqrib sudah mencakup semua pembahasan yang dikaji dalam ilmu fiqih, yakni ‘ubudiyah, mu’amalah, munakahat dan jinayat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode Auzan dalam membaca kitab taqrib, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menghasilkan bahwasannya metode Auzan mempunyai tiga tingkatan dalam membaca dan memahami kitab kuning dalam penelitian ini terfokus pada kitab taqrib, yakni tingkatan qiro’ah, tarjamah dan insya dengan karakteristik pendekatan tartibul masail, tamyizul masail dan li qodri hajat. Dan seorang santri cukup hanya dengan 1 tahun sudah mampu membaca kitab kuning, dan tahun ke 2 mampu untuk memahaminya.
Kata Kunci: Metode Auzan, Fiqih, Kitab Taqrib.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Daftar Pustaka
- Azra, A., & Islam, P. (2001). Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium. Ciputat: Kalimah.
- Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Lp3es.
- Syaiful, B. (2014). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif.
- Anna, F., & Rois Suhud, A. E. S. (2011). Sekolah Yang Menyenangkan (metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa) Bandung. Nuansa Cendekia.
- Haedari, M. A., & Hanif, A. (2006). Masa depan pesantren: dalam tantangan modernitas dan tantangan kompleksitas global. Ird Press.
- Maemun, Yasyif (2020), Metode Auzan Belajar Cepat Shorof Nahwu, Cirebon, BIPA Cirebon: Badan Informasi & Penerbitan Assalafie.
- Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan: jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana.
- Umar, H. N. (2014). Rethinking pesantren. Elex Media Komputindo.
- Van Bruinessen, M. (1995). Kitab kuning pesantren dan tarekat: tradisi-tradisi islam di Indonesia. Mizan.
- Ningsih, V. (2015). Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Berbasis Kitab Kuning di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
- Kusyairi, A. (2018). Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren. An-Nahdlah, 5(1), 1-19.
- Ilyas, M. (2021). Strategi Belajar Membaca Cepat Kutub Al-Turath: study komparasi metode kitab Amtsilati dan Al-Miftah Lil Ulum (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
- Hamdani, A. (2018). Metode Praktis Buku Amtsilati dalam Peningkatan Baca Kitab Kuning di Pondok Pesantren. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).
- Hairani, E., Faizah, N., Muzayyanah, M., & Izzah, N. (2018). Kohesi Metode Tamyiz Dalam Pelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Takhasus Bayt Tamyiz Indramayu. Misykat Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, 3(2), 99-124.
- Mukroji, M. (2014). Metode Tamyiz (Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum). Jurnal Kependidikan, 2(1), 161-184.
- Fikri, W. N. (2018). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 126-137.
- Hidayah, E. N., & Susilo, S. (2020). Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 94-103.
- Rozi, F., & Zubaidi, A. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Al-Miftah Li Al-Ulum Dalam Belajar Membaca Buku Klasik Di PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 157 174.