IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NAHDLATUL ULAMA LEMAHABANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amar Habibi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kolaboratif dalamm eningkatkan penguasaan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan semangat belajar siswa. Pembelajaran kolaboratif merupakan strategi yang memungkinkan siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru memainkan peran penting dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran agar tercapai kerja sama yang efektif di antara siswa. Dalam konteks ini, penguasaan materi menjadi pencapaian utama yang diukur melalui indikator penilaian, baik dalam bentuk tes tertulis maupun lisan. Selain itu, motivasi belajar, yang diartikan sebagai kekuatan internal yang mendorong siswa untuk mencapai tujuan, juga ditingkatkan melalui pembelajaran kolaboratif. Pendekatan ini membantu siswa yang lebih mahir mendukung pemahaman teman-teman sekelasnya, sehingga memfasilitasi pencapaian kompetensi yang diharapkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana proses pembelajaran diamati secara holistik dalam lingkungan alamiah. Guru PAI memberikan panduan dalam pembentukan kelompok, fasilitasi diskusi, dan penilaian akhir melalui observasi dan berbagai teknik evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kolaboratif siswa sangat tinggi, dengan persentase yang signifikan dalam hal kerjasama, tanggung jawab, dan keterlibatan dalam diskusi. Penguasaan materi juga terlihat pada aspek tes tulis, tes lisan, dan penilaian praktik, dengan mayoritas siswa mencapai kategori "A”. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif secarae fektif meningkatkan penguasaan materi PAI dan motivasi belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Habibi, A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NAHDLATUL ULAMA LEMAHABANG. TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 146–174. Retrieved from https://www.jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/view/495