Pembiasaan Zikir sebagai Sarana Kesadaran Diri dalam Belajar di Madrasah Tsanawiyah
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
terhadap pelajaran memang menurun drastis. Siswa hanya menjalankan rutinitas seharihari di madrasah/sekolah tanpa adanya kesadaran diri dalam belajar. Zikir merupakan
solusi dalam dunia pendidikan untuk menyadarkan peserta didik dalam memperoleh ilmu
pengetahuan yang berkualitas dan berguna untuk masa depan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan observasi, wawancara dan
data terkait dalam penelitian. Lokasi penelitian di MTs Al-Sighor. Oleh karena itu, amalan
dzikir di madrasah/sekolah sebagai sarana penyadaran diri dalam pembelajaran menjadi
sebuah jalan keluar bagi siswa, karena hal ini berkaitan dengan kerjasama Soal Emosi
dan Soal Rohani agar peserta didik dan pendidik dapat saling melengkapi.